Review Jurnal Mengenai Penerapan SIG

GIS and RS based Assessment of Cultivated Land Quality of Shandong Province
Penulis : Zhen Wang, Liming Wang, Ruina Xu, Haitao Huang, Fang Wu

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menilai kualitas lahan budidaya di provinsi Shandong melalui Remote Sensing (RS) dan Geographic Informatic System (GIS). Fokus utama dalam penilaian tersebut apakah terjadi penurunan kualitas lahan budidaya dari tahun 2000 hingga tahun 2005.
Metode penelitian yaitu dengan studi wilayah provinsi Shandong dan informasi diperoleh dari citra satelit MODIS serta penggunaan model Pressure-State-Response (PSR) untuk menyusun dan mengklasifikasikan informasi.
Kesimpulan dari penelitian pada jurnal ini adalah sebagai berikut:
1) Kualitas lahan pertanian di Provinsi Shandong menurun dari barat daya ke timur laut secara keseluruhan;
2) Secara keseluruhan kualitas lahan pertanian di Provinsi Shandong sedikit menurun dari tahun 2000 sampai 2005;
3) Kualitas lahan budidaya di beberapa daerah rendah. Dengan kondisi geografis, suhu cahaya yang sesuai, tingkat kesuburan tanah dan kelembaban tanah yang tinggi, lahan budidaya di Heze, tertinggal dari rata-rata, menunjukkan rendahnya efisiensi pemanfaatan dan potensi pengembangan yang tinggi;
4) kualitas lahan budidaya dan ekonomi tingkat pembangunan tidak konsisten di beberapa daerah di Provinsi Shandong.
Menurut saya, secara keseluruhan isi jurnal sudah sesuai dengan judul jurnal yang membahas tentang penilaian lahan budidaya di provinsi Shandong. Konten dalam jurnal sangat informatif yang ditampilkan dalam tabel dan gambar mengenai potensi lahan budidaya di provinsi Shandong.
Kelebihan   : penggunaan tabel dan gambar peta hasil analisis SIG sehingga memudahkan pembaca                         dalam memahami isi jurnal.
Kelemahan : data tentang kualitas lahan budidaya tidak ditampilkan secara rinci untuk beberapa                               daerah di provinsi Shandong.

Daftar Pustaka
Wang, Z., L. Wang, R. Xu, H. Huang and Fang Wu. 2012. GIS and RS based Assessment of Cultivated Land Quality of Shandong Province. Procedia Environmental Sciences 12:823 – 830.
Link : https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1878029612003556


0 komentar:

Posting Komentar